Cara Perhatikan Langkah dalam Penyusunan Visi dan Misi Sekolah

cara perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah 1336

Visi dan misi merupakan dua hal yang sangat penting dalam sebuah sekolah. Visi adalah tujuan utama yang ingin dicapai, sedangkan misi adalah cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, setiap sekolah harus memiliki visi dan misi yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Namun, tahap penyusunan visi dan misi sekolah tidaklah mudah. Berikut adalah cara perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah.

Memahami Tujuan Pendidikan

Memahami Tujuan Pendidikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Tujuan pendidikan tersebut akan menjadi dasar untuk menyusun visi dan misi sekolah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tujuan pendidikan yang akan dicapai sebelum menyusun visi dan misi sekolah.

Membuat Tim Penyusun Visi dan Misi

Membuat Tim Penyusun Visi dan Misi

Langkah kedua adalah membuat tim penyusun visi dan misi. Tim ini harus terdiri dari orang-orang yang berbeda latar belakang, mulai dari guru, siswa, orangtua, dan orang lain yang berkepentingan dalam pendidikan. Tim ini akan bertanggung jawab untuk menyusun visi dan misi sekolah.

Membuat Daftar Ide

Membuat Daftar Ide

Setelah itu, tim penyusun visi dan misi harus membuat daftar ide yang dapat digunakan untuk menyusun visi dan misi sekolah. Ide-ide ini harus didasarkan pada tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tim dapat dengan mudah menentukan visi dan misi yang tepat untuk sekolah.

Mengesahkan Visi dan Misi

Mengesahkan Visi dan Misi

Setelah visi dan misi sekolah telah disusun, hal berikutnya adalah mengesahkan visi dan misi tersebut. Visi dan misi sekolah harus disetujui oleh semua anggota tim penyusun visi dan misi. Setelah disetujui, visi dan misi sekolah dapat disampaikan kepada semua orang yang berkepentingan.



Penyusunan visi dan misi sekolah merupakan proses yang tidak mudah. Oleh karena itu, perlu ada langkah-langkah yang harus diikuti dalam penyusunan visi dan misi sekolah. Langkah-langkah tersebut meliputi memahami tujuan pendidikan, membuat tim penyusun visi dan misi, membuat daftar ide, dan mengesahkan visi dan misi.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *