Sambutan Menerima Lamaran Bahasa Jawa

sambutan menerima lamaran bahasa jawa 13873

Sambutan menerima lamaran bahasa Jawa adalah salah satu bentuk tradisi yang masih diterapkan hingga saat ini. Tradisi ini lazimnya disebut-sebut sebagai sambutan lamaran. Kata ‘sambutan’ yang berarti ‘menerima’ ini adalah bentuk upacara adat yang bertujuan untuk menyambut dan menerima calon mempelai.

Tata Cara Sambutan Menerima Lamaran Bahasa Jawa

Tata Cara Sambutan Menerima Lamaran Bahasa Jawa

Tata cara sambutan menerima lamaran bahasa Jawa dimulai dengan pemberian sambutan dari keluarga calon mempelai kepada keluarga calon pengantin. Hal ini dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa calon mempelai telah menerima lamaran. Setelah itu, keluarga calon mempelai akan menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga calon pengantin. Hal ini dilakukan untuk menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas lamaran yang diterima.

Selanjutnya, keluarga calon pengantin akan menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga calon mempelai. Ucapan terima kasih ini biasanya berisi ucapan selamat atas keputusan yang diambil oleh calon mempelai. Setelah itu, keluarga calon pengantin akan menyampaikan cinderamata atau hadiah untuk calon mempelai. Cinderamata atau hadiah ini biasanya berupa makanan atau minuman.

Kebiasaan Dalam Sambutan Menerima Lamaran Bahasa Jawa

Kebiasaan Dalam Sambutan Menerima Lamaran Bahasa Jawa

Selain tata cara sambutan menerima lamaran bahasa Jawa, ada juga kebiasaan yang lazimnya dilakukan dalam acara ini. Kebiasaan ini biasanya berupa permainan yang diadakan oleh keluarga calon pengantin untuk menghibur para tamu. Permainan ini biasanya dilakukan selama acara berlangsung, seperti permainan karapan sapi, lomba tarik tambang, dan lain sebagainya.

Selain itu, kebiasaan lain yang lazimnya terjadi dalam sambutan menerima lamaran bahasa Jawa adalah adanya pemberian hadiah atau cinderamata sebagai bentuk rasa terima kasih. Hadiah atau cinderamata ini biasanya berupa makanan atau minuman. Selain itu, kebiasaan lain yang lazimnya terjadi adalah adanya pemberian uang sebagai bentuk rasa terima kasih.



Sambutan menerima lamaran bahasa Jawa adalah salah satu tradisi yang masih diterapkan hingga saat ini. Acara ini dimulai dengan pemberian sambutan dari keluarga calon mempelai kepada keluarga calon pengantin. Setelah itu, keluarga calon pengantin akan menyampaikan ucapan terima kasih dan cinderamata atau hadiah untuk calon mempelai. Selain itu, kebiasaan lain yang lazimnya terjadi adalah adanya pemberian hadiah atau cinderamata, serta pemberian uang sebagai bentuk rasa terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *