Apa Itu Material Handling?

apa itu material handling 13897

Material handling adalah proses pengangkutan material dari satu lokasi ke lokasi lain. Proses ini menekankan pada perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian aliran material. Proses ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Material handling juga merupakan bagian dari proses produksi yang mengharuskan kegiatan pengangkutan material dalam jumlah besar.

Fungsi Material Handling

Fungsi Material Handling

Material handling berfungsi untuk memindahkan material dari satu lokasi ke lokasi lain secara cepat dan efisien. Material handling juga memiliki tujuan untuk meminimalkan biaya pengangkutan material. Ini bisa dilakukan dengan memilih alat material handling yang tepat sesuai dengan jenis material yang akan dipindahkan. Fungsi lain dari material handling adalah untuk meningkatkan produktivitas dalam sebuah proses produksi dan mengurangi tingkat kerusakan pada material yang dipindahkan.

Jenis Alat Material Handling

Jenis Alat Material Handling

Ada banyak jenis alat material handling yang digunakan dalam proses pengangkutan material. Alat-alat ini diatur dalam beberapa kategori, yaitu alat angkut, alat penanganan, dan alat penyimpanan. Alat angkut meliputi kendaraan, seperti truk, kapal laut, pesawat, dan kereta api. Alat penanganan meliputi lif, forklift, crane, dan conveyor. Sedangkan alat penyimpanan meliputi palet, rak, dan box.

Kebutuhan Material Handling di Indonesia

Kebutuhan Material Handling di Indonesia

Di Indonesia, material handling sangat penting untuk memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Berbagai jenis alat material handling telah digunakan untuk membantu proses pengangkutan material yang cepat, efisien, dan aman. Material handling juga menjadi penting untuk menjaga agar produksi tetap berjalan dengan lancar.



Material handling adalah proses pengangkutan material dari satu lokasi ke lokasi lain. Fungsinya adalah untuk memindahkan material secara cepat dan efisien. Di Indonesia, material handling sangat penting untuk memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Berbagai jenis alat material handling telah digunakan untuk membantu proses pengangkutan material yang cepat, efisien, dan aman.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *