Cara Menggunakan Scan Tool

cara menggunakan scan tool 15521

Scan tool merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membaca kode kerusakan (trouble codes) yang terdapat pada sistem kendaraan. Scan tool ini dapat digunakan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada kendaraan. Berikut adalah cara menggunakan scan tool:

1. Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum menggunakan scan tool, perlu disiapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut: Scan tool, kabel power untuk scan tool, laptop, kabel OBD-II, dan software OBD-II. Semua alat dan bahan ini bisa diperoleh dengan mudah di toko-toko khusus kendaraan. Pastikan alat dan bahan yang akan digunakan sudah tersedia sebelum memulai proses scanning.

2. Menghubungkan Scan Tool dengan Laptop

Menghubungkan Scan Tool dengan Laptop

Setelah alat dan bahan tersedia, masukkan kabel power ke scan tool, lalu hubungkan kabel OBD-II dengan port OBD-II pada kendaraan. Selanjutnya, hubungkan scan tool ke laptop dengan menggunakan kabel USB atau konektor bluetooth. Pastikan koneksi antara scan tool dan laptop berfungsi dengan baik.

3. Instal Software OBD-II

Instal Software OBD-II

Setelah koneksi scan tool dan laptop terjalin, selanjutnya adalah menginstal software OBD-II. Software OBD-II ini berguna untuk membaca dan menganalisis data dari scan tool. Setelah software terinstal, hubungkan scan tool ke laptop dan buka softwarenya. Jika sudah berhasil tersambung, maka scan tool siap digunakan.

4. Scanning

Scanning

Setelah semua siap, baru mulai proses scanning. Tekan tombol “Scan” atau “Scan Now” yang terdapat pada software OBD-II. Tunggu hingga proses scanning selesai. Setelah selesai, Anda akan melihat kode-kode kerusakan yang terdeteksi oleh scan tool. Jika ada kode kerusakan, maka itu berarti ada masalah pada kendaraan.

5. Menganalisis Kode Kerusakan

Menganalisis Kode Kerusakan

Setelah mengetahui kode kerusakan, selanjutnya adalah menganalisis kode tersebut. Biasanya, setiap kode kerusakan akan berbeda-beda tergantung masalah yang terjadi pada kendaraan. Untuk mengetahui masalah yang terjadi, Anda bisa mencari informasi tentang kode kerusakan tersebut. Setelah mengetahui masalahnya, maka langkah selanjutnya adalah memperbaiki masalah tersebut.



Scan tool merupakan alat yang sangat berguna untuk membaca kode kerusakan pada sistem kendaraan. Untuk menggunakan scan tool, diperlukan beberapa alat dan bahan seperti scan tool, kabel power, laptop, kabel OBD-II, dan software OBD-II. Setelah semua siap, lakukan proses scanning untuk mengetahui kode kerusakan, lalu analisis kode tersebut untuk mengetahui masalah yang terjadi. Dengan menggunakan scan tool, Anda dapat mengetahui masalah yang terjadi pada kendaraan dengan mudah.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *