Cara Menentukan Konflik dalam Cerita

cara menentukan konflik dalam cerita 15538

Apa itu Konflik?

Apa itu Konflik?

Konflik merupakan bagian penting dalam menulis cerita. Konflik adalah suatu kondisi di mana ada beberapa pihak yang saling berhadapan atau bertentangan. Hal ini menimbulkan masalah yang harus diselesaikan oleh para tokoh dalam cerita. Konflik bisa terjadi antara tokoh dengan tokoh lainnya, tokoh dengan alam atau bahkan tokoh dengan dirinya sendiri.

Menentukan Jenis Konflik

Menentukan Jenis Konflik

Ada banyak jenis konflik yang bisa ditimbulkan dalam suatu cerita. Jenis konflik yang paling umum adalah konflik antara tokoh dengan tokoh lainnya, konflik antara tokoh dengan alam, konflik antara tokoh dengan nilai-nilai atau keyakinannya, konflik antara tokoh dengan masa lalu atau masa depan, dan konflik antara tokoh dengan dirinya sendiri. Semua jenis konflik ini bisa menjadi bahan bakar untuk menciptakan cerita yang menarik dan menantang.

Menentukan Intensitas Konflik

Menentukan Intensitas Konflik

Konflik dalam cerita juga harus memiliki intensitas yang tepat. Intensitas ini akan mempengaruhi alur cerita dan bagaimana cerita itu berjalan. Intensitas konflik bisa berkisar dari ringan sampai berat. Intensitas konflik yang tepat akan menciptakan dinamika cerita yang menarik dan menantang.

Menentukan Akar Konflik

Menentukan Akar Konflik

Selain menentukan jenis dan intensitas konflik, Anda juga harus mencari akar dari konflik tersebut. Akar konflik bisa berasal dari berbagai sumber, mulai dari masalah sosial, masalah politik, masalah psikologis, masalah ekonomi, dan masalah lainnya. Dengan mengetahui akar konflik yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita, Anda dapat menciptakan cerita yang lebih kuat dan memiliki kedalaman yang lebih.

Menentukan Penyelesaian Konflik

Menentukan Penyelesaian Konflik

Setelah menentukan jenis, intensitas, dan akar konflik, Anda harus mencari cara untuk menyelesaikannya. Penyelesaian konflik akan menjadi titik penting dalam cerita. Penyelesaian konflik ini bisa berupa cara yang konstruktif, saling menghargai, dialog, atau cara lainnya. Penyelesaian konflik juga bisa menjadi pembelajaran bagi para pembaca.



Menentukan konflik dalam cerita adalah salah satu bagian penting dalam menulis cerita. Anda harus menentukan jenis, intensitas, akar, dan cara penyelesaian konflik agar cerita Anda dapat menarik dan menantang. Dengan melakukan hal ini, Anda akan dapat menciptakan cerita yang kuat dan memiliki kedalaman yang lebih.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *