Not Cublak Cublak Suweng: Budaya dan Tradisi di Kabupaten Sukabumi

not cublak cublak suweng budaya dan tradisi di kabupaten sukabumi 1555

Not Cublak Cublak Suweng adalah salah satu budaya dan tradisi yang berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Budaya ini berupa lomba menyanyi dan tarian yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu kelompok. Lomba ini dapat diikuti oleh masyarakat umum yang berasal dari desa-desa di sekitar Kabupaten Sukabumi. Not Cublak Cublak Suweng pertama kali disebut dalam sebuah naskah lama yang ditemukan di salah satu desa di Kabupaten Sukabumi. Naskah ini menceritakan tentang budaya dan tradisi yang diwarisi dan dikembangkan dari generasi ke generasi.

Not Cublak Cublak Suweng terdiri dari beberapa bagian, yaitu lagu, tarian, dan drama. Lagu yang dinyanyikan dalam Not Cublak Cublak Suweng merupakan lagu-lagu tradisional yang berasal dari desa-desa di sekitar Kabupaten Sukabumi. Lagu-lagu tersebut bercerita tentang budaya, tradisi, dan kehidupan masyarakat di desa-desa tersebut. Tariannya juga mencerminkan budaya dan adat istiadat dari masyarakat di Kabupaten Sukabumi. Diakhir lomba, drama akan dimainkan oleh para peserta sebagai penutup. Drama ini berisi tentang anekdot dan cerita rakyat yang bertujuan untuk menghibur para penonton.

Lomba Not Cublak Cublak Suweng biasanya dilakukan dalam acara-acara adat seperti pernikahan, acara khitanan, atau acara sakral lainnya. Lomba ini bertujuan untuk menghibur para tamu yang hadir di acara tersebut. Not Cublak Cublak Suweng juga sering diadakan di sekolah-sekolah di Kabupaten Sukabumi sebagai bagian dari program pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan budaya dan tradisi masyarakat di Kabupaten tersebut. Selain itu, lomba ini juga sering diadakan dalam acara keagamaan dan acara pemilihan ratu desa.

Not Cublak Cublak Suweng merupakan salah satu budaya dan tradisi yang masih kuat di Kabupaten Sukabumi. Budaya ini masih kental di masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi. Lomba Not Cublak Cublak Suweng diadakan untuk menghargai budaya dan tradisi masyarakat di Kabupaten Sukabumi, selain juga untuk menghibur para tamu yang hadir di acara-acara adat di Kabupaten tersebut.



Not Cublak Cublak Suweng adalah salah satu budaya dan tradisi yang kental di Kabupaten Sukabumi. Lomba ini menyatukan beberapa bagian, yaitu lagu, tarian, dan drama, dan diadakan untuk menghargai budaya dan tradisi di Kabupaten tersebut. Not Cublak Cublak Suweng juga merupakan salah satu cara untuk menghibur para tamu yang hadir di acara-acara adat di Kabupaten Sukabumi.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *