Motif Tapis Lampung dan Maknanya

motif tapis lampung dan maknanya 15572

Tapis Lampung adalah salah satu produk kerajinan khas Lampung yang sudah terkenal. Tapis Lampung memiliki motif khas yang terinspirasi dari alam, budaya, dan adat istiadat Lampung. Motif yang terdapat pada tapis Lampung punya makna tertentu yang menggambarkan kehidupan masyarakat Lampung. Berikut adalah motif tapis Lampung dan maknanya.

Motif Wayang

Motif Wayang

Motif wayang merupakan motif yang paling sering ditemukan di tapis Lampung. Motif ini biasanya menggambarkan seorang pahlawan ataupun tokoh wayang. Motif ini juga bercerita tentang kemuliaan dan kejujuran. Motif wayang juga menggambarkan keberanian dan ketangguhan dalam menyelesaikan setiap masalah.

Motif Siger

Motif Siger

Motif siger merupakan salah satu motif yang sering ditemukan di tapis Lampung. Motif ini menggambarkan kesederhanaan dan kemurnian. Motif ini juga bisa menggambarkan kemampuan seseorang untuk menghargai dan mencintai alam sekitarnya. Motif siger biasanya menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, dan kesetiaan seseorang.

Motif Pucuk Rebung

Motif Pucuk Rebung

Motif pucuk rebung merupakan salah satu yang paling umum ditemukan di tapis Lampung. Motif ini menggambarkan kemampuan seseorang untuk bersabar dan bersikap tenang dalam menghadapi masalah. Motif ini juga menggambarkan kemampuan seseorang untuk menghargai dan mencintai alam sekitarnya.

Motif Kembang Beras

Motif Kembang Beras

Motif kembang beras merupakan salah satu motif yang sering ditemukan di tapis Lampung. Motif ini juga menggambarkan kemampuan seseorang untuk menghargai dan mencintai alam sekitarnya. Motif ini menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, dan kejujuran seseorang.

Motif Kupu-Kupu

Motif Kupu-Kupu

Motif kupu-kupu merupakan salah satu motif yang sering ditemukan di tapis Lampung. Motif ini menggambarkan kemampuan seseorang untuk melihat masalah dengan sudut pandang yang positif. Motif ini juga menggambarkan kemampuan seseorang untuk tetap optimis dan berjuang untuk melawan masalah.



Motif tapis Lampung menggambarkan kehidupan masyarakat Lampung. Motif-motif yang terdapat pada tapis Lampung punya makna tertentu yang mencerminkan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi Anda dalam memahami motif tapis Lampung dan maknanya.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *