Persamaan dan Perbedaan Hadis Sunnah Khabar dan Atsar

persamaan dan perbedaan hadis sunnah khabar dan atsar 15581

Hadis Sunnah adalah sebuah kumpulan riwayat-riwayat tentang perkataan dan perbuatan nabi Muhammad SAW yang disebarluaskan oleh para sahabat dan tabi’in. Hadis Sunnah terbagi menjadi khabar dan atsar. Bagi yang belum mengerti tentang hal ini, berikut ini akan dibahas mengenai persamaan dan perbedaan kedua jenis hadis Sunnah tersebut.

Persamaan Hadis Sunnah Khabar dan Atsar

Persamaan Hadis Sunnah Khabar dan Atsar

Kedua jenis hadis Sunnah tersebut memiliki beberapa persamaan, di antaranya adalah:

Pertama, kedua jenis hadis Sunnah ini memiliki sumber yang sama yaitu Nabi Muhammad SAW. Kedua, keduanya sama-sama berisi tentang perbuatan dan perkataan nabi Muhammad SAW. Ketiga, keduanya sama-sama memiliki kedudukan yang tinggi sebagai sumber hukum Islam.

Perbedaan Hadis Sunnah Khabar dan Atsar

Perbedaan Hadis Sunnah Khabar dan Atsar

Terdapat beberapa perbedaan antara hadis Sunnah khabar dan atsar, di antaranya adalah:

Pertama, hadis Sunnah khabar adalah hadis yang menceritakan tentang perbuatan dan perkataan Nabi Muhammad SAW yang didengar dan disaksikan oleh para sahabat, sedangkan hadis Sunnah atsar adalah hadis yang menceritakan tentang perbuatan dan perkataan Nabi Muhammad SAW yang tidak didengar dan disaksikan oleh para sahabat.

Kedua, hadis Sunnah khabar ditandai dengan kata-kata “Ana Shuhabu’l-Hadits” (saya telah menyaksikan hadis ini) sedangkan hadis Sunnah atsar ditandai dengan kata-kata “Haditsun Atsaru” (ini adalah hadis yang disebutkan).



Hadis Sunnah khabar dan atsar memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Namun, keduanya sama-sama memiliki kedudukan yang tinggi sebagai sumber hukum Islam. Oleh karena itu, kedua jenis hadis Sunnah ini harus dihormati dan dipelajari dengan seksama oleh para muslim.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *