Apa Itu Alel Yang Menutupi Sifat Dari Alel Pasangannya?

apa itu alel yang menutupi sifat dari alel pasangannya 1559

Alel adalah suatu unit genetik yang berfungsi untuk mensintesis protein. Alel-allel ini bersifat independen dan berbeda-beda. Jika terdapat dua alel dalam suatu gen, maka kita dapat menyebutnya sebagai pasangan alel. Salah satu alel dari pasangan ini dapat menutupi sifat dari alel pasangannya, dan ini disebut sebagai alel yang menutupi sifat.

Alel yang menutupi sifat (atau yang sering disebut dengan istilah “dominan”) adalah alel yang menonjol dan menutupi sifat dari alel pasangannya. Dalam pasangan ini, alel yang menutupi sifat disebut sebagai alel dominan, sedangkan alel yang tertutup oleh alel dominan disebut sebagai alel yang recessif. Maksudnya, alel recessif tidak akan menunjukkan sifatnya kecuali jika tidak ada alel dominan di pasangan.

Alel yang menutupi sifat ditentukan oleh struktur genetik yang unik. Struktur ini ditentukan oleh komposisi gugus karbonil, yang berbeda-beda untuk setiap gen. Beberapa gen memiliki struktur yang lebih kuat, yang disebut sebagai alel yang dominan. Struktur yang lemah disebut sebagai alel yang recessif. Dengan kata lain, struktur kimia dari gen dapat mempengaruhi sifat yang ditampilkan oleh organisme.

Alel yang menutupi sifat sangat penting karena merupakan cara untuk mempengaruhi mutasi gen. Mutasi adalah perubahan yang terjadi di dalam sekuen DNA dan dapat menyebabkan organisme menjadi lebih kuat atau lebih lemah. Dengan memahami bagaimana alel yang menutupi sifat berfungsi, kita dapat menggunakannya untuk memprediksi bagaimana sebuah organisme akan berevolusi dalam kondisi tertentu.

Alel yang menutupi sifat juga diyakini mampu menyebabkan munculnya penyakit-penyakit kronis. Beberapa penyakit seperti anemia sickle-cell merupakan hasil dari alel yang menutupi sifat. Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk memahami bagaimana gen berfungsi dan bagaimana alel-allel menyebabkan perubahan dalam karakteristik organisme.



Alel yang menutupi sifat adalah alel yang berperan dalam mensintesis protein. Alel yang menutupi sifat merupakan salah satu alel dari pasangan gen, dan dapat menutupi sifat dari alel pasangannya. Alel yang menutupi sifat ditentukan oleh struktur genetik, yang berbeda-beda untuk setiap gen. Ini sangat penting karena dapat mempengaruhi mutasi, sehingga organisme dapat berevolusi dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *