Persamaan Orde Lama dan Orde Baru di Indonesia

persamaan orde lama dan orde baru di indonesia 15614

Pemerintahan Orde Baru merupakan pemerintahan yang berlaku di Indonesia sejak tahun 1966 hingga 1998. Pemerintahan ini menggantikan pemerintahan Orde Lama yang berlaku sejak 1945 hingga 1966. Meskipun keduanya berbeda dalam banyak hal, namun ternyata keduanya juga memiliki beberapa persamaan. Berikut ini adalah beberapa persamaan antara Orde Lama dan Orde Baru di Indonesia.

Pengaruh Pemerintahan Belanda

Pengaruh Pemerintahan Belanda

Kedua pemerintahan ini memiliki kesamaan dalam segi pengaruh pemerintahan Belanda. Pada Orde Lama, Indonesia masih terpengaruh oleh pemerintahan kolonial Belanda yang memiliki asas demokrasi, liberalisme, dan sosialisme. Sementara pada Orde Baru, pemerintahan tersebut masih mengambil banyak asas dari pemerintahan Belanda. Hal ini terlihat dari sistem hukum di Indonesia yang dalam banyak hal masih mengacu pada hukum Belanda.

Kepemimpinan Presiden Soekarno

Kepemimpinan Presiden Soekarno

Kedua pemerintahan ini juga memiliki kesamaan dalam segi kepemimpinan. Pada Orde Lama, kepemimpinan Indonesia dipegang oleh Presiden Soekarno. Ia adalah presiden pertama Indonesia yang menjabat sejak tahun 1945 hingga 1966. Sementara pada Orde Baru, kepemimpinan Indonesia masih dipegang oleh Presiden Soekarno hingga tahun 1967. Meskipun kemudian ia diganti oleh Presiden Soeharto, namun banyak kebijakan yang diambilnya berasal dari kebijakan Presiden Soekarno.

Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila

Kedua pemerintahan ini juga memiliki persamaan dalam segi ideologi. Ideologi yang dipegang oleh kedua pemerintahan adalah Pancasila. Pada Orde Lama, Pancasila telah dicanangkan sejak tahun 1945 sebagai ideologi negara yang berdasarkan pada nilai-nilai kebhinekaan. Sementara pada Orde Baru, Pancasila masih dipegang sebagai ideologi negara Indonesia dan juga sebagai dasar bagi berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Kepentingan Ekonomi

Kepentingan Ekonomi

Kedua pemerintahan ini juga memiliki kesamaan dalam segi kepentingan ekonomi. Pada Orde Lama, pemerintah Indonesia banyak bergantung pada sektor ekonomi yang didukung oleh pemerintah Belanda. Sementara pada Orde Baru, pemerintah Indonesia tetap memiliki kepentingan pada sektor ekonomi, namun hal ini telah dikoordinasikan dengan lebih baik. Hal ini terlihat dari banyaknya program ekonomi yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Orde Lama dan Orde Baru di Indonesia memiliki beberapa persamaan, seperti pengaruh pemerintahan Belanda, kepemimpinan Presiden Soekarno, ideologi Pancasila, dan kepentingan ekonomi. Meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun dari persamaan-persamaan tersebut dapat dilihat bahwa keduanya masih memiliki banyak kesamaan.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *