Perbedaan MCCB dan MCB

perbedaan mccb dan mcb 15990

MCB (Miniature Circuit Breaker) dan MCCB (Molded Case Circuit Breaker) adalah jenis perlindungan arus lebih atau arus berlebihan yang menggunakan pengunci mekanik untuk memutus sirkuit listrik. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, namun masih ada beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui.

Kelebihan MCCB

Kelebihan MCCB

MCCB merupakan pengunci arus berlebihan yang lebih kompleks dan mahal dibandingkan MCB. MCCB memiliki kemampuan untuk mengukur arus lebih dan memutuskan sirkuit secara otomatis. Hal ini membuatnya lebih aman dan lebih tepat ketika digunakan dalam sistem listrik. Selain itu, MCCB juga dapat menahan arus lebih dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan. Ini memungkinkan untuk pemulihan sirkuit setelah arus berlebih telah dihapus.

Kelebihan MCB

Kelebihan MCB

MCB adalah pengunci arus berlebihan yang lebih sederhana dan murah dibandingkan MCCB. MCB dapat dikonfigurasi untuk bekerja pada arus berlebih tertentu, sehingga memungkinkan mereka untuk bekerja dengan lebih cepat daripada MCCB. Selain itu, MCB juga dapat dioperasikan secara manual sehingga memungkinkan untuk cepat memutuskan sirkuit. Hal ini membuat mereka lebih mudah dioperasikan dan diinstal.

Kebutuhan Pengoperasian

Kebutuhan Pengoperasian

MCCB memerlukan banyak pengoperasian yang lebih kompleks dibandingkan MCB. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa MCCB memiliki beberapa pengaturan dan kontrol yang harus disetel. Oleh karena itu, diperlukan personel yang berpengalaman untuk menginstal dan mengoperasikannya. Sementara itu, MCB tidak memerlukan banyak pengoperasian dan dapat dioperasikan oleh personel dengan sedikit atau tanpa pengalaman.

Harga

Harga

Harga MCCB jauh lebih tinggi dibandingkan MCB. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas teknis dan komponen yang digunakan dalam MCCB. Selain itu, banyak perusahaan manufaktur yang menawarkan serangkaian pilihan pengaturan dan kontrol yang dapat dikonfigurasi untuk MCCB. Hal ini membuat mereka lebih mahal daripada MCB.



MCB dan MCCB adalah jenis pengunci arus berlebihan yang digunakan untuk perlindungan sirkuit listrik. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, namun masih ada beberapa perbedaan penting yang perlu diperhatikan. MCCB lebih mahal dan kompleks dibandingkan MCB, namun juga lebih aman dan tepat untuk digunakan dalam sistem listrik. Sementara itu, MCB lebih murah dan mudah diinstal dan dioperasikan.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *