Nilai yang Terkandung dalam Cerpen Robohnya Surau Kami

nilai yang terkandung dalam cerpen robohnya surau kami 16098

Cerpen Robohnya Surau Kami merupakan karya sastra karya sastra yang ditulis oleh Adhitya Mulya. Cerpen ini mengisahkan tentang sebuah surau yang roboh akibat gempa bumi. Cerpen ini juga menceritakan tentang seorang pemuda bernama Amir yang berusaha untuk membangun kembali surau tersebut. Melalui cerita ini, terdapat banyak nilai yang terkandung di dalamnya.

Kesetiaan

Kesetiaan

Kesetiaan merupakan nilai yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Kesetiaan yang dimiliki oleh Amir dalam menjaga surau yang telah roboh terlihat jelas. Amir menyadari bahwa tugasnya adalah untuk membangun kembali surau tersebut, dan dia rela melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuannya. Dia juga tidak gentar melawan segala rintangan yang dihadapinya demi mencapai tujuannya.

Semangat Kebangsaan

Semangat Kebangsaan

Selain kesetiaan, semangat kebangsaan juga merupakan nilai yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Amir, sebagai tokoh utama dalam cerita ini, mampu menyatukan warga desa untuk menyelamatkan surau yang telah roboh. Dia menggalang dana melalui berbagai cara untuk membiayai proyek rekonstruksi surau tersebut. Dia juga berusaha untuk menyelamatkan surau ini dengan mengajak warga desa untuk bekerjasama dan menyelesaikan proyek tersebut.

Kerja Keras

Kerja Keras

Kerja keras merupakan nilai yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Sebagai seorang pemuda, Amir memiliki kemampuan kerja yang luar biasa. Dia mampu melakukan semua pekerjaan yang diperlukan untuk membangun kembali surau tersebut. Malah, dia rela mengorbankan waktunya untuk bekerja lebih keras demi menyelesaikan proyek rekonstruksi surau ini.

Kesabaran

Kesabaran

Kesabaran merupakan nilai yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Amir tidak menyerah walaupun dia harus menghadapi banyak tantangan dalam proyek rekonstruksi surau tersebut. Dia bersabar dan fokus untuk menyelesaikan proyeknya. Dia juga mampu bersikap tenang dan tidak mudah panik di tengah kesulitan yang dihadapinya.

Kreativitas

Kreativitas

Kreativitas merupakan nilai yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Amir memiliki ide-ide yang kreatif untuk menyelesaikan proyek rekonstruksi surau tersebut. Dia mampu menggabungkan berbagai bahan-bahan yang tersedia untuk menciptakan sebuah bangunan yang kokoh dan kuat. Dia juga mampu menggunakan teknologi untuk membuat desain bangunan yang efisien dan ramah lingkungan.



Robohnya Surau Kami merupakan sebuah cerpen yang mengandung banyak nilai. Nilai-nilai tersebut meliputi kesetiaan, semangat kebangsaan, kerja keras, kesabaran, dan kreativitas. Nilai-nilai ini dapat menginspirasi pembaca untuk meneladani sikap Amir dan menerapkannya dalam kehidupan mereka.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *