Perbedaan Speaker Subwoofer dan Woofer

perbedaan speaker subwoofer dan woofer 17101

Subwoofer dan woofer adalah salah satu jenis speaker yang umum digunakan untuk menghasilkan suara. Keduanya memiliki karakteristik suara yang berbeda, namun sering kali orang salah mengartikan perbedaan antara keduanya. Untuk memahami perbedaan antara subwoofer dan woofer, mari kita bahas dulu karakteristiknya.

Karakteristik Subwoofer

Karakteristik Subwoofer

Subwoofer yang sering disebut sebagai driver bass adalah speaker yang dirancang untuk menghasilkan frekuensi rendah. Subwoofer menghasilkan suara dengan frekuensi 20 Hz hingga 200 Hz. Frekuensi rendah ini bermanfaat untuk menghasilkan bas yang lebih jelas. Umumnya, subwoofer memiliki ukuran yang lebih besar daripada woofer karena memerlukan ruang tambahan untuk menghasilkan getaran.

Karakteristik Woofer

Karakteristik Woofer

Woofer bertugas menghasilkan suara dengan frekuensi yang lebih tinggi daripada subwoofer. Woofer bertugas menghasilkan frekuensi antara 40 Hz hingga 2.000 Hz. Woofer dapat menghasilkan suara dengan lebih jelas dan dikhususkan untuk menghasilkan suara mid-range atau suara tinggi. Umumnya, woofer memiliki ukuran yang lebih kecil daripada subwoofer.

Perbedaan Subwoofer dan Woofer

Perbedaan Subwoofer dan Woofer

Meskipun keduanya merupakan jenis speaker, subwoofer dan woofer memiliki frekuensi dan ukuran yang berbeda. Subwoofer dikhususkan untuk menghasilkan frekuensi rendah, sedangkan woofer dikhususkan untuk menghasilkan frekuensi menengah dan tinggi. Subwoofer memiliki ukuran yang lebih besar daripada woofer karena memerlukan ruang tambahan untuk menghasilkan getaran.



Subwoofer dan woofer adalah dua jenis speaker yang memiliki fungsi yang berbeda. Subwoofer dirancang untuk menghasilkan frekuensi rendah, sementara woofer dirancang untuk menghasilkan frekuensi tinggi. Subwoofer memiliki ukuran yang lebih besar daripada woofer agar dapat menghasilkan getaran yang lebih baik. Dengan mengetahui perbedaan antara subwoofer dan woofer, Anda dapat dengan mudah memilih speaker yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *