BerandaWisataSejarah Alun-Alun Kidul Surakarta: Dari Keraton Mataram Hingga Sekarang

Sejarah Alun-Alun Kidul Surakarta: Dari Keraton Mataram Hingga Sekarang

Alun alun Kidul Surakarta merupakan sebuah kompleks taman yang terletak di sebelah selatan Istana Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. Pertama kali dibangun pada abad ke-17, taman ini merupakan bagian dari Keraton Mataram yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan Sunan Mangkunegaran.

Jaman purbakala, bangunan utama yang berada di taman ini adalah Pringgitan (Kedhaton), yang merupakan tempat berkumpulnya para kerabat Sunan Mangkunegaran, dan juga tempat menampung tamu-tamu keraton. Di sekitar Pringgitan terdapat sebuah kolam renang yang dibangun untuk menyambut para tamu keraton.

Kemudian, pada tahun 1813, Sunan Pakubuwono X menukar Keraton Mataram dengan Istana Kasunanan Surakarta. Ia kemudian memperluas dan memperindah Alun-alun Kidul dengan menghadirkan berbagai macam bangunan, seperti Candi Selarong, Candi Beringin, dan Candi Panggung. Selain itu, ia juga menambahkan sebuah kolam renang dan taman yang mengelilingi Pringgitan.

Selain itu, pada tahun 1841 Sunan Pakubuwono X juga menambahkan sebuah bangunan berbentuk kubah yang disebut Pagelaran yang berfungsi sebagai tempat pertemuan para kerabat Sunan Mangkunegaran. Di sekitar Pagelaran ini, terdapat sebuah kolam renang yang dirancang untuk menampung tamu-tamu keraton.

Hingga saat ini, Alun-alun Kidul Surakarta masih menjadi tempat berkumpul dan beristirahat para keraton dan pengunjung luar. Selain itu, taman ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Surakarta. Taman ini menawarkan berbagai macam pemandangan yang indah dan berbagai macam bangunan bersejarah yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya.

Wisata Kuliner dan Aktivitas di Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta merupakan tempat wisata yang populer di kota Surakarta. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan khas dan mengikuti berbagai aktivitas menarik.

Makanan khas yang bisa dinikmati di Alun-Alun Kidul Surakarta adalah:

  1. Bakpia Pathok: merupakan kue khas Surakarta. Bakpia Pathok terbuat dari tepung terigu, gula, dan kismis.
  2. Lontong Sayur: merupakan makanan berupa nasi putih yang disajikan dengan sayur dan kerupuk.
  3. Wedang Jahe: minuman khas yang terbuat dari jahe, gula, dan santan.
  4. Getuk Lindri: merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ubi jalar dan gula aren.

Selain itu, di Alun-Alun Kidul Surakarta juga tersedia berbagai aktivitas menarik, seperti:

  1. Bermain di taman hiburan: di sini terdapat berbagai permainan menarik seperti perosotan, mobil-mobilan serta berbagai mesin permainan lainnya.
  2. Bermain sepeda: untuk mereka yang ingin bersenang-senang dengan bersepeda, tersedia juga berbagai sepeda untuk disewa.
  3. Bermain di kolam air: di sini, pengunjung dapat menyewa perahu dan bermain di kolam air.

Dengan berbagai macam makanan khas dan aktivitas menarik, Alun-Alun Kidul Surakarta tentunya menjadi tempat yang menyenangkan untuk dijadikan destinasi wisata.

Keindahan Pemandangan di Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta menyimpan potensi keindahan alam yang tak ternilai. Di sana, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar di sekitarnya. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke sana.

Pemandangan yang bisa dinikmati di Alun-Alun Kidul Surakarta antara lain pemandangan alam yang terbentang luas. Di sana, pengunjung dapat melihat hamparan sawah, gunung, danau, dan hutan yang diselimuti oleh pepohonan rindang. Pemandangan di Alun-Alun Kidul Surakarta juga disertai dengan beragam fauna yang bisa dilihat, mulai dari burung, kupu-kupu, hingga satwa liar yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, di Alun-Alun Kidul Surakarta juga terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dinikmati. Di antaranya adalah Taman Wisata Cemara Lawang, Wisata Air Terjun Grojogan Sewu, dan Taman Wisata Rawa Pening. Tempat-tempat wisata tersebut menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan menarik bagi para pengunjung.

Demikianlah, Alun-Alun Kidul Surakarta memiliki keindahan alam yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, Alun-Alun Kidul Surakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular