Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal di Indonesia

kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal di indonesia 2216

Kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal merupakan sebuah sistem kekerabatan yang berlaku di Indonesia. Unilineal merupakan sebuah asas yang mengacu pada garis keturunan atau garis keturunan satu arah. Sistem ini mengacu pada garis keturunan yang mengalir dari keturunan yang sama. Sistem ini merupakan salah satu bentuk tradisi keluarga yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Tipe Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal

Tipe Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal

Ada dua tipe dari kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal di Indonesia, yaitu patrilineal dan matrilineal. Patrilineal merupakan sistem yang mengacu pada garis keturunan dari ayah atau lelaki. Sementara itu, matrilineal merupakan sistem yang mengacu pada garis keturunan dari ibu atau perempuan. Pada umumnya, kebanyakan kelompok kekerabatan di Indonesia menganut sistem patrilineal.

Tata Cara Dalam Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal

Tata Cara Dalam Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal

Dalam kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal, ada beberapa tata cara yang harus diikuti oleh anggotanya. Pertama, kelompok kekerabatan seperti ini mempunyai adat istiadat yang berlaku dalam keluarga. Kedua, para anggota kelompok kekerabatan harus menghormati anggota lain dari keluarga. Ketiga, anggota kelompok kekerabatan harus menghormati orang tua dan menghargai tradisi yang telah ada. Keempat, anggota kelompok kekerabatan harus saling menghormati dan menghargai sesamanya.

Contoh Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal di Indonesia

Contoh Kelompok Kekerabatan Berdasarkan Asas Unilineal di Indonesia

Beberapa contoh kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal di Indonesia adalah suku Minangkabau, suku Toraja, suku Dayak, dan suku Batak. Masing-masing suku memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Suku Minangkabau misalnya, menganut sistem matrilineal, dimana kepemimpinan ditentukan oleh suku dan garis keturunan ibu. Sementara itu, suku Toraja menganut sistem patrilineal dimana garis keturunan ayah yang menentukan kepemimpinan.



Kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal merupakan sebuah bentuk tradisi keluarga yang telah lama ada di Indonesia. Sistem ini dibagi menjadi dua, yaitu patrilineal dan matrilineal. Selain itu, para anggota kelompok kekerabatan memiliki tata cara yang harus dipatuhi. Beberapa contoh dari kelompok kekerabatan berdasarkan asas unilineal di Indonesia adalah suku Minangkabau, suku Toraja, suku Dayak, dan suku Batak.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *