Mengenal Bagian Mesin Gerinda Silinder

mengenal bagian mesin gerinda silinder 2354

Mesin gerinda silinder adalah salah satu jenis mesin yang banyak digunakan untuk kegiatan pengerjaan logam. Mesin ini berfungsi untuk memotong, menghaluskan, membuat pola, dan mengubah bentuk benda kerja dengan menggunakan batu gerinda. Proses pemotongan pada mesin gerinda silinder terjadi berkat adanya bagian-bagian yang saling berinteraksi satu sama lain. Berikut adalah bagian-bagian utama dari mesin gerinda silinder.

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Silinder

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Silinder

Pada dasarnya, mesin gerinda silinder terdiri dari poros utama, roda gerinda, meja, baik, dan potongan. Poros utama adalah sumbu yang digunakan untuk memutar meja dan roda gerinda. Roda gerinda adalah bagian yang berputar pada mesin gerinda silinder. Bagian ini berfungsi untuk memotong dan menghaluskan benda kerja. Meja berfungsi sebagai alat untuk menahan benda kerja, sedangkan bagian baik adalah alat yang digunakan untuk mengatur jarak antara meja dan roda gerinda. Potongan adalah alat untuk mengatur kecepatan putaran roda gerinda.

Komponen-Komponen Mesin Gerinda Silinder

Komponen-Komponen Mesin Gerinda Silinder

Selain bagian-bagian utama, mesin gerinda silinder juga terdiri dari beberapa komponen pendukung. Komponen-komponen ini berfungsi untuk mengontrol mesin dan membantu proses pemotongan. Komponen-komponen ini meliputi tombol, tuas, pengatur kecepatan, saklar, jarum jarum, dan penggores. Tombol berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin, sedangkan tuas berfungsi untuk mengontrol kecepatan. Pengatur kecepatan digunakan untuk mengatur kecepatan putaran roda gerinda, sementara saklar berfungsi untuk mengatur jarak antara meja dan roda gerinda. Jarum jarum dan penggores digunakan untuk memotong dan menghaluskan benda kerja.

Keamanan Mengoperasikan Mesin Gerinda Silinder

Keamanan Mengoperasikan Mesin Gerinda Silinder

Selain tahu bagian-bagian dan komponen-komponen dari mesin gerinda silinder, penting juga untuk mengetahui cara menggunakan mesin ini dengan aman. Sebelum menggunakan mesin, pastikan Anda telah membaca manual mesin dan mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Selain itu, gunakan sarung tangan dan pelindung mata saat menggunakan mesin tersebut. Gunakan alat pengaman untuk menghindari cedera dan pastikan untuk selalu mengecek kondisi mesin sebelum menggunakannya.

Penutup

Penutup

Bagian-bagian dari mesin gerinda silinder adalah poros utama, roda gerinda, meja, baik, dan potongan. Selain itu, mesin ini juga mencakup beberapa komponen pendukung seperti tombol, tuas, pengatur kecepatan, saklar, jarum jarum, dan penggores. Gunakan mesin ini dengan aman dengan membaca manual mesin, menggunakan pelindung mata dan sarung tangan, dan selalu mengecek kondisi mesin sebelum menggunakannya.



Mesin gerinda silinder adalah salah satu jenis mesin yang digunakan untuk pengerjaan logam. Mesin ini terdiri dari poros utama, roda gerinda, meja, baik, dan potongan. Selain itu, mesin ini juga memiliki beberapa komponen pendukung seperti tombol, tuas, pengatur kecepatan, saklar, jarum jarum, dan penggores. Gunakan mesin ini dengan aman dengan membaca manual mesin, menggunakan sarung tangan dan pelindung mata, dan selalu mengecek kondisi mesin sebelum menggunakannya.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *