Contoh Soal Persamaan Tangen

contoh soal persamaan tangen 3322

Persamaan tangen merupakan salah satu materi yang harus dipelajari oleh para siswa setelah materi trigonometri. Persamaan tangen adalah persamaan yang berhubungan dengan sudut. Berikut adalah contoh soal persamaan tangen yang bisa digunakan untuk belajar.

Soal 1

Soal 1

Diketahui persamaan tangen y = tan(x – 45). Tentukan nilai y jika x = 90.Jawab:Kita dapat menggunakan fungsi-fungsi trigonometri untuk menghitung nilai y. Dengan menggunakan rumus tan(x – 45) = tan(90 – 45) = tan 45, maka nilai y adalah 1.

Soal 2

Soal 2

Diketahui persamaan tangen y = tan(x + 45). Tentukan nilai y jika x = 90.Jawab:Kita dapat menggunakan fungsi-fungsi trigonometri untuk menghitung nilai y. Dengan menggunakan rumus tan(x + 45) = tan(90 + 45) = tan 135, maka nilai y adalah -1.

Soal 3

Soal 3

Diketahui persamaan tangen y = tan(x – 135). Tentukan nilai y jika x = 90.Jawab:Kita dapat menggunakan fungsi-fungsi trigonometri untuk menghitung nilai y. Dengan menggunakan rumus tan(x – 135) = tan(90 – 135) = tan -45, maka nilai y adalah -1.

Soal 4

Soal 4

Diketahui persamaan tangen y = tan(x + 135). Tentukan nilai y jika x = 90.Jawab:Kita dapat menggunakan fungsi-fungsi trigonometri untuk menghitung nilai y. Dengan menggunakan rumus tan(x + 135) = tan(90 + 135) = tan 225, maka nilai y adalah 1.



Contoh soal persamaan tangen di atas dapat membantu para siswa untuk memahami bagaimana cara menghitung persamaan tangen. Dengan memahami dan mengerjakan contoh soal-soal persamaan tangen ini, para siswa akan semakin memahami materi trigonometri. Selain itu, dari contoh soal-soal ini, para siswa juga dapat memahami cara menghitung nilai y dari persamaan tangen.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *