Penggunaan Waktu Signal Past Perfect Tense di Indonesia

penggunaan waktu signal past perfect tense di indonesia 4405

Past Perfect Tense adalah sebuah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum kejadian lainnya. Waktu signal yang biasa digunakan untuk menyatakan tenses ini adalah before, after, by the time, never, already, until, just, ever, once, and when. Bahasa Indonesia memiliki penggunaan waktu signal yang berbeda untuk menyatakan tenses ini. Di bawah ini adalah beberapa waktu signal yang biasa digunakan untuk menyatakan past perfect tense di Indonesia.

1. Sebelum

Sebelum

Waktu signal “sebelum” biasa digunakan untuk menyatakan bahwa kejadian yang diutarakan sudah terjadi sebelum kejadian lainnya. Contoh: Sebelum saya mengerjakannya, saya sudah berpikir tentang tugas itu.

2. Setelah

Setelah

Waktu signal “setelah” biasa digunakan untuk menyatakan bahwa kejadian yang diutarakan sudah terjadi setelah kejadian lainnya. Contoh: Setelah saya selesai mengerjakannya, saya merasa puas dengan hasilnya.

3. Sebelum Waktu Tertentu

Sebelum Waktu Tertentu

Waktu signal “sebelum waktu tertentu” biasa digunakan untuk menyatakan bahwa kejadian yang diutarakan terjadi sebelum waktu yang telah ditentukan. Contoh: Sebelum jam 8 malam, saya sudah selesai mengerjakan tugas itu.

4. Sesudah Waktu Tertentu

Sesudah Waktu Tertentu

Waktu signal “sesudah waktu tertentu” biasa digunakan untuk menyatakan bahwa kejadian yang diutarakan terjadi sesudah waktu yang telah ditentukan. Contoh: Sesudah jam 8 malam, saya sudah mulai membuat laporan tugas itu.

5. Selama

Selama

Waktu signal “selama” biasa digunakan untuk menyatakan bahwa kejadian yang diutarakan terjadi selama suatu rentang waktu tertentu. Contoh: Selama dua minggu terakhir, saya sudah mengerjakan banyak tugas.



Past Perfect Tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum kejadian lainnya. Waktu signal yang biasa digunakan di Indonesia untuk menyatakan tenses ini adalah sebelum, setelah, sebelum waktu tertentu, sesudah waktu tertentu, dan selama. Dengan menggunakan waktu signal tersebut, kita dapat lebih mudah menyatakan past perfect tense di dalam bahasa Indonesia.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *