8 Tips Persiapan Mudik Lebaran

8 tips persiapan mudik lebaran 524

Mudik Lebaran merupakan salah satu tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hampir setiap tahunnya, masyarakat akan menjalankan tradisi ini. Namun, mudik lebaran bukanlah sesuatu yang mudah. Untuk menjalankannya secara optimal, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. Berikut adalah 8 tips persiapan mudik Lebaran yang bisa Anda lakukan.

1. Lengkapi Persyaratan Perjalanan Anda

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mempersiapkan persyaratan perjalanan yang diperlukan. Misalnya, surat izin orang tua, bukti pembayaran tiket, kartu identitas dan lain-lain. Jangan lupa untuk membawa persyaratan ini untuk memudahkan proses check-in saat Anda tiba di bandara. Ini akan menghindari masalah yang mungkin terjadi di bandara.

2. Siapkan Perbekalan

Sebaiknya, Anda sudah menyiapkan perbekalan sebelum berangkat. Pastikan Anda sudah membeli makanan, minuman, dan lainnya yang diperlukan. Ini akan membantu Anda ketika tiba di tujuan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada kesempatan untuk berbelanja di tengah jalan.

3. Persiapkan Selimut dan Bantal

Selimut dan bantal sangat penting untuk membantu Anda tidur nyenyak saat bepergian. Jadi, pastikan Anda sudah mempersiapkan selimut dan bantal sebelum berangkat. Ini akan membantu Anda agar lebih nyaman dan cepat tertidur saat berada dalam perjalanan.

4. Pastikan Kendaraan Anda Siap Digunakan

Jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi Anda untuk melakukan mudik lebaran, pastikan Anda sudah mengecek kendaraan Anda. Periksa apakah semua bagiannya berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar dan mengecek tekanan ban sebelum berangkat.

5. Siapkan Obat-obatan Pribadi

Ketika berada di jalan, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Jadi, selalu siapkan obat-obatan pribadi sebelum berangkat. Ini akan membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin terjadi di tengah jalan.

6. Persiapkan Dokumen Penting

Selain menyiapkan persyaratan perjalanan, Anda juga harus mempersiapkan dokumen penting lainnya. Misalnya, surat keterangan kesehatan, paspor, fotokopi identitas, surat izin orang tua dan lain-lain. Pastikan dokumen-dokumen ini sudah berada di tempat yang aman.

7. Siapkan Uang Tunai

Jangan lupa untuk mempersiapkan uang tunai sebelum berangkat. Uang tunai akan berguna jika Anda tiba di daerah yang belum ada ATM. Ini akan membantu Anda membeli makanan, minuman dan lainnya dengan mudah.

8. Persiapkan Perlengkapan Elektronik

Jika Anda akan menggunakan smartphone, laptop, tablet atau peralatan lainnya selama mudik lebaran, pastikan Anda sudah mempersiapkannya. Pastikan daya baterai Anda sudah terisi penuh sebelum berangkat. Jangan lupa untuk membawa charger dan adaptor jika diperlukan.



Mudik lebaran adalah salah satu tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia. Persiapan mudik lebaran yang tepat akan membantu Anda menjalankannya dengan lancar tanpa masalah. Dengan 8 tips persiapan mudik lebaran di atas, Anda sudah siap melakukan mudik lebaran dengan aman dan menyenangkan.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *