Burung Takur Dahan Merupakan Hewan yang Dilindungi di Negara

burung takur dahan merupakan hewan yang dilindungi di negara 5932

Burung takur dahan adalah hewan yang dilindungi di negara Indonesia. Burung takur dahan termasuk jenis burung yang rupanya sangat indah dan menawan. Ukurannya yang cukup kecil dengan panjang kurang lebih 18 cm membuatnya tampak sangat lucu. Warna bulunya yang beragam membuatnya menjadi salah satu burung yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Asal Usul Burung Takur Dahan

Asal Usul Burung Takur Dahan

Burung takur dahan berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk Indonesia. Burung ini juga ditemukan di beberapa pulau di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, dan pulau Jawa. Selain itu, burung ini juga ditemukan di alam liar di beberapa negara lain seperti Brunei, Singapura, dan Malaysia. Di Indonesia, burung takur dahan disebut juga dengan nama burung lombok atau burung kenari.

Habitat Burung Takur Dahan

Habitat Burung Takur Dahan

Burung takur dahan merupakan jenis burung yang sangat adaptif dan dapat tinggal di berbagai habitat. Di alam liar, burung ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis, hutan mangrove, dan hutan pantai. Burung ini juga dapat tinggal di hutan dataran rendah dan hutan dataran tinggi. Selain itu, burung ini juga dapat hidup di tepi sungai atau danau. Burung takur dahan juga sering ditemukan di taman-taman kota.

Makanan Burung Takur Dahan

Makanan Burung Takur Dahan

Burung takur dahan memiliki diet yang beragam. Mereka akan makan buah-buahan, biji-bijian, kulit buah-buahan, kecoa, dan serangga kecil. Di taman-taman kota, mereka akan mencari makanan di antara rumput-rumputan yang tinggi. Selain itu, burung ini juga akan memakan makanan yang diberikan oleh manusia. Makanan yang dapat diberikan kepada burung ini antara lain biji-bijian, buah-buahan, dan serangga.

Pengelolaan Burung Takur Dahan

Pengelolaan Burung Takur Dahan

Burung takur dahan disebut sebagai salah satu jenis burung yang dilindungi di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah telah mengeluarkan beberapa aturan untuk menjaga populasi burung ini agar tetap stabil. Aturan-aturan tersebut antara lain melarang pemburuan dan penangkapan burung-burung ini secara ilegal. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan undang-undang yang melarang pemeliharaan burung ini di rumah.



Burung takur dahan merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia. Burung ini berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk Indonesia. Burung ini memiliki habitat yang beragam dan memiliki diet yang beragam. Oleh karena itu, pemerintah telah mengeluarkan beberapa aturan untuk menjaga populasi burung ini agar tetap stabil.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *