Cara Mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

cara mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit 649

Hp yang lemot saat digunakan merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna smartphone. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di hp, kapasitas RAM yang kecil, atau koneksi internet yang lambat. Nah, bagaimana jika hp tersebut memiliki sedikit aplikasi, namun masih tetap lemot? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hp lemot meskipun aplikasi yang terinstall hanya sedikit.

1. Hapus Data Sementara

Data sementara di hp dapat menyebabkan hp menjadi lemot. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi hp lemot adalah dengan membersihkan data sementara. Caranya, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aktifkan Semua > Hapus Data. Setelah itu, hp Anda akan terasa lebih ringan.

2. Bersihkan Cache

Cache juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan hp menjadi lemot. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan cache. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Penyimpanan > Bersihkan Cache. Pilih opsi Bersihkan Cache lalu tekan tombol Hapus untuk menghapus semua cache.

3. Matikan Fitur Animasi

Animasi di hp dapat menyebabkan hp menjadi lemot. Untuk itu, Anda dapat menonaktifkan fitur animasi pada hp. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Sistem > Animasi. Kemudian, matikan semua animasi yang ada di hp Anda. Dengan melakukan ini, hp Anda akan terasa lebih ringan dan lebih cepat.

4. Nonaktifkan Fitur Animasi Di Lockscreen

Selain menonaktifkan fitur animasi di hp, Anda juga dapat menonaktifkan fitur animasi di lockscreen. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Layar Kunci > Kustomisasi > Nonaktifkan Animasi. Dengan melakukan ini, hp Anda akan terasa lebih cepat.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai juga dapat menyebabkan hp menjadi lemot. Oleh karena itu, Anda harus menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aktifkan Semua > Hapus Aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak terpakai lalu tekan tombol Hapus untuk menghapus aplikasi tersebut.

6. Matikan Fitur Otomatis Update

Fitur otomatis update dapat menyebabkan hp menjadi lemot. Oleh karena itu, Anda harus menonaktifkan fitur otomatis update. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aktifkan Semua > Pilih Aplikasi > Nonaktifkan Otomatis Update. Dengan melakukan ini, hp Anda akan terasa lebih cepat.

7. Instal Ulang Sistem Operasi

Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi hp yang lemot, Anda dapat melakukan instal ulang sistem operasi. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Sistem > Reset > Reset Sistem. Pilih opsi Reset Sistem lalu tekan tombol Reset untuk melakukan instal ulang sistem operasi. Setelah instal ulang selesai, hp Anda akan terasa lebih cepat.



Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hp lemot meskipun aplikasi yang terinstall hanya sedikit. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat melakukan instal ulang sistem operasi untuk mengatasi masalah ini. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *