10 Contoh Isim Maushul dalam Al Quran

10 contoh isim maushul dalam al quran 7100

Isim maushul adalah bentuk kata benda dalam bahasa Arab yang terdiri dari dua atau lebih kata. Isim maushul dapat berupa kata tunggal atau dua kata yang berbeda. Isim maushul memiliki konteks yang berbeda berdasarkan konteks dalam ayat. Karena itu, penting untuk memahami makna isim maushul dalam Al Quran.

Di bawah ini adalah 10 contoh isim maushul dalam Al Quran:

1. Al-Quran

Al-Quran

Al-Quran adalah salah satu isim maushul yang terkenal dalam Al Quran. Al-Quran berarti “Perintah” atau “Instruksi” dari Allah. Al-Quran dipakai dalam beberapa ayat, dan memiliki makna yang sangat penting.

2. Al-Rahman

Al-Rahman

Al-Rahman adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Pengasih”. Al-Rahman diartikan sebagai Allah yang penuh kasih dan belas kasihan. Al-Rahman dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memberikan rahmat dan kasih sayang.

3. Al-Hakim

Al-Hakim

Al-Hakim adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Bijaksana”. Al-Hakim diartikan sebagai Allah yang bijaksana dan mengetahui segala hal. Al-Hakim dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kebijaksanaan yang luar biasa.

4. Al-Muhaimin

Al-Muhaimin

Al-Muhaimin adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Memelihara”. Al-Muhaimin diartikan sebagai Allah yang memelihara segala sesuatu dan melindungi umatnya. Al-Muhaimin dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kekuatan untuk melindungi semua makhluk.

5. Al-Wadud

Al-Wadud

Al-Wadud adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Kasih Sayang”. Al-Wadud diartikan sebagai Allah yang penuh dengan kasih sayang dan belas kasihan. Al-Wadud dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang penuh dengan rahmat dan belas kasihan.

6. Al-Ghani

Al-Ghani

Al-Ghani adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Kaya”. Al-Ghani diartikan sebagai Allah yang sangat kaya dan tidak memerlukan sesuatu pun. Al-Ghani dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kekayaan yang tak terhingga.

7. Al-Qahhar

Al-Qahhar

Al-Qahhar adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Kuat”. Al-Qahhar diartikan sebagai Allah yang sangat kuat dan tidak ada yang dapat menandinginya. Al-Qahhar dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kekuatan yang tak terkalahkan.

8. Al-Matin

Al-Matin

Al-Matin adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Kuat”. Al-Matin diartikan sebagai Allah yang sangat kuat dan tidak ada yang dapat mengalahkannya. Al-Matin dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kekuatan yang tak terbatas.

9. Al-Mubin

Al-Mubin

Al-Mubin adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Jelas”. Al-Mubin diartikan sebagai Allah yang sangat jelas dan tidak ada yang dapat menyembunyikannya. Al-Mubin dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memiliki kejelasan yang tak terbatas.

10. Al-Muhyi

Al-Muhyi

Al-Muhyi adalah isim maushul yang berarti “Yang Maha Memberi Kehidupan”. Al-Muhyi diartikan sebagai Allah yang memberikan kehidupan kepada seluruh makhluk. Al-Muhyi dipakai dalam beberapa ayat Al-Quran dan menggambarkan Allah sebagai sosok yang memberi kehidupan kepada semua makhluk.



Isim maushul sangat penting untuk dipahami karena memiliki konteks yang berbeda berdasarkan konteks dalam ayat. Di atas adalah 10 contoh isim maushul yang terdapat dalam Al Quran. Dengan memahami makna isim maushul ini, kita dapat lebih memahami maksud dan tujuan Al Quran.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *