Nama-nama Sungai di Kalimantan Tengah

nama nama sungai di kalimantan tengah 7125

Kalimantan Tengah merupakan salah satu dari provinsi yang terdapat di Indonesia. Provinsi ini memiliki begitu banyak sungai yang menjadi saluran utama untuk mengalirkan air dan menyalurkan mata air ke daerah lain. Berikut ini adalah beberapa nama sungai di Kalimantan Tengah.

Sungai Kahayan

Sungai Kahayan

Sungai Kahayan adalah sungai terpanjang di Kalimantan Tengah. Sungai ini mengalir dari hulu yang berada di dataran tinggi di sebelah barat daya, dan mengalir sepanjang kurang lebih 1.500 km. Sungai ini membelah Kalimantan Tengah menjadi dua bagian, yaitu bagian timur dan bagian barat. Sungai ini berakhir di Muara Jawa, di sebelah barat laut Kalimantan. Sungai ini menjadi saluran utama untuk mengalirkan air ke sejumlah daerah di Kalimantan Tengah.

Sungai Mentaya

Sungai Mentaya

Sungai Mentaya adalah sungai terpanjang kedua di Kalimantan Tengah, dengan panjang kurang lebih 1.000 km. Sungai ini mengalir dari hulu yang berada di dataran tinggi di sebelah barat daya, dan mengalir melalui Kalimantan Tengah, sebelum berakhir di Muara Berau, di sebelah timur laut Kalimantan. Sungai ini menjadi saluran utama untuk mengalirkan air ke sejumlah daerah di Kalimantan Tengah.

Sungai Katingan

Sungai Katingan

Sungai Katingan adalah sungai ketiga terpanjang di Kalimantan Tengah. Sungai ini mengalir dari hulu yang berada di dataran tinggi di sebelah barat daya, dan mengalir sepanjang kurang lebih 800 km. Sungai ini berakhir di Muara Kapuas, di sebelah barat laut Kalimantan. Sungai ini menjadi saluran utama untuk mengalirkan air ke sejumlah daerah di Kalimantan Tengah.

Sungai Sampit

Sungai Sampit

Sungai Sampit adalah sungai keempat terpanjang di Kalimantan Tengah, dengan panjang kurang lebih 500 km. Sungai ini mengalir dari hulu yang berada di dataran tinggi di sebelah barat daya, dan mengalir melalui Kalimantan Tengah, sebelum berakhir di Muara Sampit, di sebelah timur laut Kalimantan. Sungai ini menjadi saluran utama untuk mengalirkan air ke sejumlah daerah di Kalimantan Tengah.



Kalimantan Tengah memiliki banyak sungai yang menjadi saluran utama untuk mengalirkan air dan menyalurkan mata air ke daerah lain. Nama-nama sungai di Kalimantan Tengah antara lain Sungai Kahayan, Sungai Mentaya, Sungai Katingan, dan Sungai Sampit. Semua sungai ini memiliki panjang yang berbeda-beda.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *