Narrative Text Roro Jonggrang di Indonesia

narrative text roro jonggrang di indonesia 7141

Roro Jonggrang adalah cerita rakyat yang berasal dari Indonesia, khususnya daerah Jawa. Cerita ini dituturkan dari generasi ke generasi sebagai sebuah legenda yang menceritakan tentang seorang raja dan seorang putri yang bernama Roro Jonggrang. Cerita ini sangat populer di Indonesia dan telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi masyarakat Indonesia.

Cerita Roro Jonggrang bercerita tentang seorang raja bernama Prabu Baka dan seorang putri bernama Roro Jonggrang. Putri ini memiliki kecantikan yang luar biasa dan lahir dari sebuah rumah yang dihiasi dengan berbagai jenis bunga. Suatu hari, Prabu Baka yang jatuh cinta pada Roro Jonggrang, meminta izin untuk menikahinya. Namun, Roro Jonggrang menolak permintaan Prabu Baka dan meminta Prabu Baka untuk membangun 1000 buah candi sebelum ia mau menerima lamarannya.

Setelah mendengar permintaan Roro Jonggrang, Prabu Baka mengumpulkan orang-orang di sekitarnya dan meminta bantuan mereka untuk membangun 1000 candi. Tahun demi tahun berlalu dan Prabu Baka berhasil membangun 999 buah candi. Namun, pada saat hari terakhir, Prabu Baka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dan menghadapi kegagalan. Roro Jonggrang yang mengetahui hal ini pun tertawa dan membuat Prabu Baka marah.

Kesal dengan sikap Roro Jonggrang, Prabu Baka pun memanggil para setan untuk membangun candi yang terakhir. Hal ini dikesampingkan oleh Roro Jonggrang dan dia berubah menjadi sebuah batu. Akhirnya Prabu Baka harus menerima kekecewaannya dan candi yang telah dibangunnya pun bertransformasi menjadi sebuah pura.

Kisah Roro Jonggrang merupakan sebuah legenda yang sangat populer di Indonesia. Kisah ini memiliki makna yang mendalam dan memiliki berbagai pesan moral yang dapat dipetik oleh para pembacanya. Kisah ini juga menjadi inspirasi bagi banyak seniman di Indonesia untuk menciptakan berbagai karya seni, seperti tari, lukisan, dan patung.



Roro Jonggrang adalah sebuah cerita rakyat yang berasal dari Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Kisah ini bercerita tentang seorang raja bernama Prabu Baka dan seorang putri bernama Roro Jonggrang. Kisah ini memiliki makna yang mendalam dan berbagai pesan moral yang dapat dipetik oleh para pembacanya. Kisah ini juga menjadi inspirasi bagi banyak seniman di Indonesia untuk menciptakan berbagai karya seni, seperti tari, lukisan, dan patung.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *