Cerita Legenda Bahasa Jawa Candi Borobudur

cerita legenda bahasa jawa candi borobudur 7154

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kawasan Taman Warisan Budaya di Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan menjadi salah satu dari sekian banyak warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Candi Borobudur terkenal karena arsitektur yang unik dan kompleksnya. Juga dipenuhi dengan banyak relief dan patung yang menceritakan cerita legenda bahasa Jawa.

Asal Usul Candi Borobudur

Asal Usul Candi Borobudur

Cerita legenda bahasa Jawa menceritakan bahwa Candi Borobudur adalah hasil kerja dari seorang raja yang bernama Samaratungga. Raja ini dikenal sebagai raja yang sangat bijaksana dan mengasihi warga kerajaannya. Ia merasa bahwa agar para warganya dapat mencapai sebuah kebahagiaan yang abadi, mereka harus mengingat akan kehidupan surga yang akan datang. Untuk mencapai tujuan ini, ia memerintahkan untuk membangun Candi Borobudur sebagai pengingat akan kehidupan surga yang akan datang.

Bentuk dan Desain Candi Borobudur

Bentuk dan Desain Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki bentuk kotak dengan lantai yang melingkar. Bagian luar Candi Borobudur juga dilengkapi dengan relief dan patung yang bercerita tentang cerita legenda bahasa Jawa. Patung-patung ini menggambarkan berbagai situasi dan kisah dalam upacara ritual yang disebut Puncak Rasa. Di dalam candi, ada tiga tingkat yang membentuk struktur yang berbentuk seperti gunung. Di tingkat yang paling atas, terdapat patung Buddha yang menandakan puncak kesucian agama.

Makna Simbolik Candi Borobudur

Makna Simbolik Candi Borobudur

Cerita legenda bahasa Jawa menyebutkan bahwa Candi Borobudur adalah representasi dari kesucian agama Buddha. Bentuknya sendiri mencerminkan perjalanan spiritual dari dunia material ke dunia spiritual. Candi Borobudur juga mencerminkan pengalaman spiritual yang dialami oleh masyarakat setempat. Di tingkat atas, patung Buddha menandai puncak kesucian agama dan menggambarkan gambaran tentang tujuan akhir spiritual manusia.

Pengaruh Candi Borobudur di Indonesia

Pengaruh Candi Borobudur di Indonesia

Candi Borobudur telah memberikan pengaruh besar pada budaya dan sejarah Indonesia. Candi ini merupakan salah satu dari sekian banyak warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Candi Borobudur juga telah menginspirasi banyak seniman dan penulis untuk menciptakan karya-karyanya. Candi Borobudur juga telah menjadi salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang populer di Indonesia.



Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya terbesar di dunia dan telah menjadi salah satu peninggalan sejarah Indonesia. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9 dan terkenal karena arsitektur yang unik dan kompleksnya. Cerita legenda bahasa Jawa menceritakan bahwa Candi Borobudur adalah hasil kerja dari seorang raja yang bernama Samaratungga. Candi Borobudur mewakili kesucian agama Buddha dan juga telah menginspirasi banyak seniman dan penulis untuk menciptakan karya-karyanya.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *