Celeh dalam Bahasa Jawa

celeh dalam bahasa jawa 7267

Celeh adalah sebuah kata yang banyak digunakan warga Jawa untuk menyatakan sesuatu yang tak terduga atau sangat menarik. Kata tersebut berasal dari bahasa Jawa antara lain “Cela”, “Cela-cela”, dan “Celah”. Kata ini sering digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai bentuk penyampaian yang khas.

Apa Makna Celeh?

Apa Makna Celeh?

Makna dari kata celeh dapat berbeda-beda tergantung dari sudut pandang orang yang menggunakannya. Secara umum, celeh dapat diartikan sebagai sesuatu yang mengagumkan, tidak biasa, menarik, atau bahkan mengejutkan. Selain itu, kata celeh juga biasanya digunakan untuk menyatakan sesuatu yang menyenangkan dan menyebabkan perasaan senang. Dengan kata lain, celeh merupakan kata yang biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang membuat seseorang tersenyum.

Bagaimana Cara Penggunaan Celeh?

Bagaimana Cara Penggunaan Celeh?

Kata celeh sering digunakan dalam bahasa sehari-hari oleh masyarakat Jawa. Kata ini dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menakjubkan atau menyenangkan. Contohnya, ketika seseorang menceritakan tentang sesuatu yang mengagumkan, orang lain mungkin akan menggunakan kata celeh untuk menggambarkan rasa terkejut atau senangnya. Kata celeh juga dapat digunakan dalam konteks humor, misalnya untuk mengungkapkan rasa lucu atau senang.

Perbedaan Celeh vs Cilik

Perbedaan Celeh vs Cilik

Kata celeh dan cilik sering disalahartikan sebagai kata yang berarti sama. Namun, sebenarnya kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Kata celeh biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mengagumkan, sedangkan cilik merujuk pada sesuatu yang lucu atau menggemaskan. Oleh karena itu, kata celeh biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menarik, sedangkan cilik dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menghibur atau menyenangkan.



Celeh adalah kata yang digunakan warga Jawa untuk menyatakan sesuatu yang tak terduga, menarik, atau menyebabkan perasaan senang. Kata tersebut berasal dari bahasa Jawa dan dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mengagumkan atau menyenangkan. Karena itu, celeh sering digunakan dalam bahasa sehari-hari oleh masyarakat Jawa. Perbedaan celeh dan cilik adalah bahwa celeh biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menarik, sedangkan cilik dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menghibur atau menyenangkan.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *