Naskah Ande Ande Lumut: Kisah Legendaris dalam Bahasa Jawa

naskah ande ande lumut kisah legendaris dalam bahasa jawa 7400

Kisah Ande Ande Lumut adalah sebuah legenda Jawa yang cukup terkenal. Kisah ini diceritakan dari berbagai belahan dunia, dan memiliki banyak versi. Kisah ini menceritakan tentang seorang putri yang bernama Ande Ande Lumut. Putri itu merupakan cucu dari seorang raja yang berkuasa atas kerajaan yang besar. Kisah ini bercerita tentang bagaimana Ande Ande Lumut menyelamatkan kerajaannya dari kekuasaan yang jahat.

Berdasarkan versi yang paling populer, raja yang berkuasa meninggal, dan kerajaan itu ditinggalkan tanpa pemimpin. Raja yang jahat lalu mengambil alih kerajaan tersebut dan mengambil alih kekuasaannya. Raja jahat tersebut lalu menyuruh Ande Ande Lumut untuk menikah dengannya. Namun, Ande Ande Lumut menolak dan mencari cara untuk menyelamatkan kerajaan.

Untuk menyelamatkan kerajaannya, Ande Ande Lumut meminta bantuan dari seorang penyihir. Penyihir itu memberinya sebuah misi untuk menyelamatkan kerajaan. Dia harus membunuh seekor ular raksasa yang membuat kerajaan jatuh ke dalam kehancuran. Ande Ande Lumut pun berjalan ke hutan untuk mencari ular itu. Di sana, ia bertemu dengan seekor kera yang kemudian menjadi temannya.

Ande Ande Lumut kemudian menemukan ular raksasa dan berhasil membunuhnya. Setelah itu, ia kembali ke kerajaannya dengan kera temannya. Raja jahat pun takluk dan kerajaan pun terselamatkan. Setelah itu, Ande Ande Lumut pun bisa kembali ke rumah dan hidup bahagia bersama temannya. Kisah ini menjadi salah satu legenda yang paling populer di Jawa.



Kisah Ande Ande Lumut adalah salah satu legenda Jawa yang paling populer. Kisah ini menceritakan tentang bagaimana seorang putri membantu menyelamatkan kerajaannya dari kekuasaan jahat dengan bantuan seorang penyihir. Kisah ini menjadi salah satu dongeng yang paling disukai oleh orang-orang di Jawa dan banyak diadaptasi menjadi berbagai versi lainnya sepanjang waktu.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *