Fathul Qorib Bab Thaharah

fathul qorib bab thaharah 8067

Fathul Qorib Bab Thaharah adalah bagian kitab Fathul Qorib yang membahas tentang thaharah atau kebersihan. Kitab Fathul Qorib yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Hasan asy-Syathibi diterbitkan oleh Pustaka At-Taqwa, Jakarta. Kitab ini menjelaskan mengenai thaharah secara ringkas dan padat, serta membahas hukum-hukum yang berhubungan dengan thaharah.

Pembagian Bab Thaharah

Pembagian Bab Thaharah

Bab Thaharah dalam Fathul Qorib terbagi menjadi dua bagian, yaitu Bab Thaharah dari Hadas dan Bab Thaharah dari Najis. Bab Thaharah dari Hadas membahas tentang thaharah dari hadas atau kotoran yang keluar dari tubuh manusia, serta cara-cara membersihkannya. Sementara Bab Thaharah dari Najis membahas tentang thaharah dari najis yang bersifat fisik, seperti darah, kotoran hewan, dan makanan yang dianggap tidak layak.

Hukum Thaharah

Hukum Thaharah

Fathul Qorib Bab Thaharah juga membahas hukum-hukum yang berhubungan dengan thaharah. Hukum-hukum tersebut antara lain adalah wajibnya membersihkan diri dari hadas dan najis, wajibnya menggunakan air untuk membersihkan diri dari hadas, dan wajibnya mencuci pakaian yang terkena najis. Selain itu, kitab ini juga membahas tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan benda-benda yang terkena najis, seperti hukum mencuci benda tersebut dan hukum menyimpan benda yang telah dicuci.

Cara Membersihkan Diri dari Hadas

Cara Membersihkan Diri dari Hadas

Fathul Qorib Bab Thaharah juga menjelaskan tentang cara yang tepat untuk membersihkan diri dari hadas. Menurut kitab ini, seseorang harus menggunakan air untuk membersihkan diri dari hadas. Selain itu, orang juga harus menggunakan sabun atau sesuatu yang bersifat pembersih agar hadas tersebut benar-benar terangkat. Di samping itu, kitab ini juga menyebutkan bahwa sebaiknya orang menggunakan air yang bersih dan jernih saat membersihkan diri dari hadas.

Cara Membersihkan Benda dari Najis

Cara Membersihkan Benda dari Najis

Kitab Fathul Qorib Bab Thaharah juga menjelaskan tentang cara membersihkan benda yang terkena najis. Menurut kitab ini, benda yang terkena najis harus dicuci menggunakan air dan disiram dengan air yang banyak. Biasanya, benda yang terkena najis harus dicuci tiga kali untuk menghilangkan najis yang melekat. Selain itu, kitab ini juga menyebutkan bahwa benda yang terkena najis harus disimpan di tempat yang terpisah dari benda-benda yang bersih.



Fathul Qorib Bab Thaharah adalah bagian dari kitab Fathul Qorib yang membahas tentang thaharah atau kebersihan. Kitab ini membahas tentang thaharah dari hadas dan najis, hukum-hukum yang berhubungan dengan thaharah, serta cara membersihkan diri dan benda dari hadas dan najis. Kitab ini diterbitkan oleh Pustaka At-Taqwa, Jakarta.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *