Anggota Deret Homolog Berikut yang Berisomer Fungsi dengan Butanol

anggota deret homolog berikut yang berisomer fungsi dengan butanol 8081

Butanol adalah sebuah alkohol yang memiliki gugus hidroksil (-OH) di ujung rantai karbonnya. Anggota deret homolog berikut yang berisomer fungsi dengan butanol adalah metanol, etanol, propanol, dan isopropanol. Anggota deret ini disebut sebagai alkohol primer atau alkohol berantai pendek. Mereka semua memiliki gugus alkohol (-OH) dan rantai karbon yang sama.

Metanol

Metanol

Metanol adalah anggota pertama dalam deret homolog yang berisomer fungsi dengan butanol. Ini adalah alkohol dengan formula kimia CH3OH. Metanol adalah alkohol berantai pendek dengan satu atom karbon di rantai karbonnya. Metanol juga merupakan bahan bakar yang sangat beracun dan berbahaya. Jika tertelan, dapat menyebabkan keracunan dan bahkan kematian.

Etanol

Etanol

Etanol adalah anggota kedua dalam deret homolog yang berisomer fungsi dengan butanol. Ini adalah alkohol dengan formula kimia C2H5OH. Etanol adalah alkohol berantai pendek dengan dua atom karbon di rantai karbonnya. Etanol adalah zat yang terkandung dalam minuman beralkohol. Minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman koktail berbasis etanol. Etanol juga merupakan bahan bakar yang dapat bercampur dengan air dan bahan bakar fosil lainnya.

Propanol

Propanol

Propanol adalah anggota ketiga dalam deret homolog yang berisomer fungsi dengan butanol. Ini adalah alkohol dengan formula kimia C3H7OH. Propanol adalah alkohol berantai pendek dengan tiga atom karbon di rantai karbonnya. Propanol dapat digunakan sebagai bahan bakar, bahan kimia, dan bahan pelarut. Ini juga digunakan dalam banyak produk farmasi dan produk kecantikan. Propanol dapat bercampur dengan air dan bahan bakar fosil lainnya.

Isopropanol

Isopropanol

Isopropanol adalah anggota keempat dalam deret homolog yang berisomer fungsi dengan butanol. Ini adalah alkohol dengan formula kimia C3H7OH. Isopropanol adalah alkohol berantai pendek dengan tiga atom karbon di rantai karbonnya. Isopropanol digunakan sebagai bahan pelarut, bahan bakar, dan bahan kimia. Ini juga digunakan dalam banyak produk farmasi dan produk kecantikan. Isopropanol juga digunakan untuk membersihkan permukaan, menghilangkan debu, dan membasmi mikroorganisme.



Butanol adalah anggota dari deret homolog yang berisomer fungsi dengan metanol, etanol, propanol, dan isopropanol. Mereka semua memiliki gugus alkohol (-OH) dan rantai karbon yang sama. Metanol, etanol, propanol, dan isopropanol semua memiliki berbagai macam aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bahan bakar hingga produk farmasi. Masing-masing alkohol juga memiliki kegunaan yang berbeda, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi manusia.

You May Also Like

About the Author: Moh Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *